Penyusunan Statuta

Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi

Logo C-Dev2

TEKNIK PENYUSUNAN STATUTA PERGURUAN TINGGI

Pendahuluan
Penyusunan statuta yang dapat dijadikan sebagai pondasi penyelenggaraan perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting. Statuta harus disusun dengan baik dan cermat mengingat tantangan yang dihadapi pada masa sekarang ini dalam mengelola perguruan tinggi (PT) sedemikian berat. Paling tidak terdapat tiga hal yang perlu diantisipasi, pertama dengan adanya perubahan paradigma baru yang dipicu dengan perkembangan teknologi yang sedemikian cepat, kedua : dalam penyelenggaraan perguruan tinggi dengan munculnya perguruan tinggi BHMN, dan ketiga : persaingan yang sedemikian ketat baik dengan perguruan tinggi yang ada di dalam maupun luar negeri.

Untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi dan juga dalam rangka untuk menghadapi tantangan tersebut, setiap perguruan tinggi harus mempunyai dasar yang kuat agar konsolidasi internal maupun upaya untuk meraih peluang dan menghalau ancaman dari luar tersebut dapat efektif dilaksanakan. Perumusan statuta yang dapat dijadikan sebagai haluan dari seluruh komponen perguruan tinggi dan civitas akademika menjadi sangat urgen untuk keberlangsungan dari lembaga perguruan tinggi tersebut.

Disamping hal tersebut dalam rangka untuk menghadapi akreditasi baik itu pada level institusi maupun program studi, keberadaan statuta menjadi sangat penting. Organisasi perguruan tinggi tanpa dilandasi oleh statuta yang komprehensif akan kesulitan dalam menyusun aturan atau tata kelola yang mengikat seluruh komponen.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami C-DEV High Education Partner Yogyakarta bekerjasama dengan tim dari beberapa perguruan tinggi terkemuka mencoba untuk mengadakan PELATIHAN / WORKSHOP yang aplikatif tentang PENYUSUNAN STATUTA Perguruan Tinggi.

Peserta
Pimpinan Dan Dosen/Tascforce Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Negeri / Swasta
(Universitas, Institut, Sekolah Tinggi Akademi, Politeknik, Poliseni) Se-Indonesia

Materi Pelatihan
–  Konsep Dasar Pengelolaan Perguruan Tinggi
–  Peraturan Perundangan Yang Mengatur Perguruan Tinggi
–  Konsep Dasar Penyusunan Statuta
–  Tata Kelola Perguruan Tinggi
–  Teknik Penyusunan Statuta
–  Ilustrasi Kasus
–  Latihan/Simulasi Kasus

Durasi
2 (dua) hari

Instruktur
Dr. Irhas Effendi, M.Si. dan Tim
Instruktur tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan Ahli Manajemen Perguruan Tinggi, aktif memberikan materi pelatihan dan konsultasi tentang penataan kelembagaan di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Pendaftaran Pelatihan