Anggaran Kinerja

Penyusunan Anggaran Perguruan Tinggi

Logo C-Dev2

TEKNIK PENYUSUNAN ANGGARAN PERGURUAN TINGGI
DENGAN PENDEKATAN KINERJA
( PERFORMANCE BUDGETING )

Pendahuluan
Pengelolaan perguruan tinggi pada masa sekarang ini dituntut untuk benar-benar profesional, artinya harus memperhatikan kaidah-kaidah yang diisyaratkan oleh manajemen moderen. Perguruan tinggi tidak bisa hanya berperan sebagai pelayan kebutuhan pendidikan masyarakat saja, tetapi harus melakukan perencanaan yang matang dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan. Perencanaan dapat dimulai dengan membuat rencana strategis yang didukung oleh penyusunan indikator-indikator kesuksesan disertai dengan kegiatan-kegiatan riil yang dapat diukur ditambah dengan penyertaan biaya kegiatan yang realistis.

Selama ini di kebanyakan perguruan tinggi, kegiatan-kegiatan yang telah tersusun biasanya hanya mengacu pada anggaran yang masih bersifat tradisional, digunakan secara incremental dengan membandingkan pengeluaran aktual tahun lalu dengan jumlah yang dianggarkan untuk tahun berlangsung. Cara ini berguna untuk memantau kecenderungan (trend) seiring dengan berjalannya waktu. Teknik penyusunan anggaran yang seperti ini sekarang mulai ditinggalkan dan mulai dipakainya anggaran dengan menggunakan pendekatan kinerja.

Pada penyusunan anggaran yang menggunakan pendekatan kinerja ini, dapat memberikan lebih banyak umpan balik yang diperlukan dalam hal beban program, efisiensi dan efektivitas seiring dengan waktu. Dengan berlakunya anggaran berbasis kinerja ini, perguruan tinggi dituntut untuk menyertakan informasi tentang sasaran, tujuan dan prioritas konsumen pada tahun fiskal tertentu. Perguruan tinggi harus mengenali standar kinerja dan pengukurannya, biaya per unit untuk pokok-okok yang dianggarkan, personil dan data untuk memahami serta menjelaskan kecenderungan dan perbedaan antar tahun anggaran.

Penyusunan anggaran perguruan tinggi dengan menggunakan pendekatan kinerja ini masih merupakan barang baru, belum banyak perguruan tinggi yang menggunakan sistem anggaran yang seperti ini. Sehubungan dengan hal tersebut, C-DEV High Education Partner Yogyakarta bermaksud membantu menyiapkan modelnya dengan melalui kegiatan WORKSHOP / BIMBINGAN TEKNIS tentang TEKNIK PENYUSUNAN ANGGARAN Perguruan Tinggi dengan pendekatan kinerja.

Tujuan
Pelatihan dan bimbingan teknis penyusunan anggaran perguruan tinggi dengan pendekatan kinerja ini secara umum bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pengelola perguruan tinggi dalam mempersiapkan anggaran. Dan secara khusus pelatihan dan bintek ini bertujuan untuk :

  1. Membantu peserta mengetahui teknik mempersiapkan anggaran kinerja.
  2. Membantu peserta memahami proses penyusunan anggaran dan dokumen-dokumen yang dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan prioritas anggaran.
  3. Membantu peserta untuk merancang pengelolaan dan pengendalian sumber daya keuangan.

Target / Sasaran
Setelah mengikuti kegiatan ini secara intensif semua peserta diharapkan mampu untuk mengaplikasikan konsep maupun mengoperasionalkan program untuk mendukung penyusunan anggaran di perguruan tinggi masing-masing.

Metode
Ceramah, Diskusi, Ilustrasi kasus, Simulasi

Peserta
Yayasan / BPH, Pimpinan Perguruan Tinggi, Wakil Rektor / Ketua / Direktur Bidang Keuangan, Biro / Bagian Keuangan, Dosen & Karyawan yang berminat.

Materi
–  Pengantar Anggaran Kinerja
–  Sinkronisasi Dokumen Perencanaan
–  Teknik Formulasi Arah Kebijakan
–  Teknik Penyusunan Strategi Prioritas Anggaran
–  Struktur Anggaran & Perilaku Belanja
–  Teori Penyusunan RASK
–  Praktek Penyusunan RASK

Durasi
2 (dua) hari

Pemimpin Program
Dr. Ietje Nazarudin, S.E., M.Si., Akt.
Instruktur tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan Ahli Manajemen Keuangan Perguruan Tinggi, aktif memberikan materi pelatihan dan konsultasi serta pendampingan model pengelolaan keuangan penyusunan anggaran Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pendaftaran Pelatihan