AMAI

Pelatihan AMAI

Logo C-Dev2

AUDIT MUTU AKADEMIK INTERNAL (AMAI) PERGURUAN TINGGI

Pendahuluan
Pengelolaan perguruan tinggi (PT) pada masa mendatang dihadapkan pada tantangan yang tidak ringan, pertama dengan adanya perubahan paradigma baru yang dipicu dengan perkembangan teknologi yang sedemikian cepat, kedua : dalam penyelenggaraan perguruan tinggi dengan munculnya BHMN dan BHP, dan ketiga : persaingan yang sedemikian ketat baik dengan perguruan tinggi yang ada di dalam maupun luar negeri. Untuk menjaga agar perguruan tinggi tetap beroperasi harus mampu menghadapi tantangan tersebut dengan selalu menjaga kualitas atau mutu secara konsisten dan berkelanjutan.

Selain menghadapi tantangan tersebut, sesuai dengan apa yang tercantum dalam HELTS (Higher Education Long Term Strategy) 2003-2010 dinyatakan secara khusus tentang penjaminan mutu perguruan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan. Proses penjaminan mutu pendidikan tinggi di suatu perguruan tinggi merupakan kegiatan mandiri dari perguruan tinggi yang bersangkutan, sehingga proses tersebut dirancang, dijalankan, dan dikendalikan sendiri oleh perguruan tinggi yang bersangkutan tanpa campur tangan dari Pemerintah (internally driven).

Disamping kedua hal tersebut, tuntutan harus tersedianya sistem penjaminan mutu di PT juga tercermin ketika PT akan menyusun proposal untuk mengajukan dana hibah baik dari Diknas maupun dari lembaga donor asing. Setiap kali akan memperoleh dana hibah, reviewer pada waktu visitasi  selalu mempertanyakan keberadaan unit penjaminan mutu. Demikian juga dalam menghadapi akreditasi institusi yang sebentar lagi akan diberlakukan oleh BAN-PT, keberadaan sistem penjaminan mutu bagi perguruan tinggi sudah merupakan suatu kewajiban.

Sebagai kelanjutan dari implementasi sistem penjaminan mutu internal maka perlu dilakukan audit mutu akademik internal. Audit mutu adalah suatu pemeriksanaan yang sitematis dan independen untuk menetukan apakah kegiatan menjaga mutu serta hasilnya telah dilaksanakan secara efektif sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai tujuan.

Mengingat pentingnya audit mutu internal bagi perguruan tinggi, selama ini sudah banyak PT yang mencoba untuk melaksanakannya, namun masih banyak ditemui kendala baik secara kelembagaan maupun dukungan dari seluruh civitas akademika. Sehubungan dengan hal tersebut, kami C-DEV High Education Partner Yogyakarta bekerjasama dengan tim dari beberapa perguruan tinggi terkemuka mencoba untuk mengadakan WORKSHOP yang aplikatif dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi dengan dengan fokus pada AUDIT MUTU AKADEMIK INTERNAL.

Maksud dan Tujuan
Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pamahaman yang  komprehensif tentang audit akademik  perguruan tinggi, dan secara khusus tujuannya adalah memberi pemahaman tentang :

  1. Konsep audit mutu akademik internal
  2. Perangkat audit
  3. Etika audit
  4. Strategi implementasi audit mutu akademik

Target/Sasaran
Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat menjadi auditor internal di perguruan tinggi masing-masing.

Metode
Ceramah, Diskusi, Simulasi audit

Peserta
Pimpinan / Dosen / Auditor Internal Perguruan Tinggi Negeri / Swasta Unit Pejaminan Mutu (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, Poliseni) se-Indonesia

Materi Pelatihan
–  Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
–  Pedoman Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
–  Evaluasi Diri dan Audit Internal
–  Perencanaan Audit dan Unsur di dalam Audit
–  Peningkatan Mutu dan Benchmarking
–  Audit Mutu Akademik Internal
–  Studi Kasus Audit Mutu Akademik Internal Perguruan Tinggi
–  Simulasi Audit

Durasi
2 (dua) hari

Pemimpin Program
Dr. Eng. Agus Setyo Muntohar, M.Sc.
Instruktur tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan ahli manajemen perguruan tinggi yang telah berpengalaman membimbing dan mendampingi penyusunan dokumen penjaminan mutu dan akreditasi di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Pendaftaran Pelatihan