MONEVIN

MONEVIN

Logo C-Dev2

MONITORING DAN EVALUASI INTERNAL PERGURUAN TINGGI
Upaya Penyusunan Model Monitoring dan Evaluasi Internal

Yang Aplikatif Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Pendahuluan
Pengelolaan perguruan tinggi (PT) pada masa mendatang diharapkan dapat mengadopsi prinsip-prinsip Good University Governance (GUG) dengan mengedepankan transparansi, partisipasi dan akuntabilitas. Pengelolaan PT yang mengedepankan ketiga karakteristik tersebut tidak akan dapat terimplementasi apabila tidak diwujudkan adanya sistem monev yang akurat dan terbentuknya unit monitoring yang permanen.

Sesuai dengan apa yang tercantum dalam HELTS (Higher Education Long Term Strategy) 2003-2010 dinyatakan secara khusus tentang penjaminan mutu perguruan tinggi dan sebagai salah satu implementasinya harus tersedia sistem monitoring dan evaluasi internal (monevin) yang baik. Monevin adalah bagian dari kegiatan peningkatan mutu yang bersifat berkala dilakukan satu  kali dalam setahun dan berkelanjutan. Monevin juga merupakan salah satu sarana dalam sistem penjaminan mutu yang dapat menilai pencapaian visi universitas/institut/sekolah tinggi/akademi atau politeknik dalam kondisi nyata. Disamping itu juga dapat dipakai untuk melakukan asesmen kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan berdasarkan pada hasil dan atau dampak.

Mengingat pentingnya sistem monitoring dan evaluasi internal bagi perguruan tinggi, selama ini sudah banyak PT yang mencoba untuk melaksanakannya, namun masih banyak ditemui kendala baik secara kelembagaan maupun dukungan dari seluruh civitas akademika. Sehubungan dengan hal tersebut, kami C-DEV High Education Partner Yogyakarta bekerjasama dengan tim dari beberapa perguruan tinggi terkemuka mencoba untuk mengadakan PELATIHAN / WORKSHOP yang aplikatif dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi dengan fokus pada PENYUSUNAN MONEVIN.

Maksud dan Tujuan
Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk member pemahaman kepada peserta mengenai bagaimana melakukan Monevin yang sesuai dengan kultur perguruan tinggi. Sedangkan tujuannya secara khusus agar para peserta memahami tentang konsep monevin dan implementasinya di perguruan tinggi.

Target/Sasaran
Setelah mengikuti kegiatan ini secara intensif diharapkan semua peserta mampu untuk melakukan monevin di peguruan tinggi masing-masing.

Metode
Ceramah, Diskusi, Ilustrasi Kasus

Peserta
Pimpinan / Dosen / Task Force Perguruan Tinggi Negeri / Swasta
(Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, Poliseni) se-Indonesia

Note:
Bagi peserta yang sudah mempunyai draft instrumen monitoring dan evaluasi internal beserta dokumen mutu yang telah dihasilkan dapat dibawa dan dikonsultasikan.

Materi Pelatihan
–  Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
–  Prosedur Mutu Monitoring dan Evaluasi Internal
–  Metode Kerja Monitoring dan Evaluasi Internal
–  Kode Etik Asesor Monitoring dan Evaluasi Internal
–  Manajemen Kinerja Jurusan/Prodi
–  Instrumentasi dan Key Performance Indicators
–  Studi Kasus Monitoring dan Evaluasi Internal Perguruan Tinggi
–  Latihan Monitoring dan Evaluasi Internal

Durasi
2 (dua) hari

Pemimpin Program
Dr. Eng. Agus Setyo Muntohar, M.Sc.
Instruktur tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan ahli manajemen perguruan tinggi yang telah berpengalaman membimbing dan mendampingi penyusunan dokumen penjaminan mutu dan akreditasi di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Pendaftaran Pelatihan