Akademi Komunitas

Akademi Komunitas

Logo C-Dev2

SOSIALISASI DAN PENYUSUNAN
STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN AKADEMI KOMUNITAS
BAGI INISIATOR AKADEMI KOMUNITAS NEGERI DAN MANDIRI

Pendahuluan
Bentuk dari perguruan tinggi di Indonesia sesuai amanah dari Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya pasal 59 ayat (1) terdiri atas universitas, institut, sekolah tinggi,  politeknik, akademi, dan akademi komunitas. Hal baru yang diatur dalam undang-undang ini mengenai bentuk perguruan tinggi adalah adanya akademi komunitas (AK). Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/ atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Untuk keperluan ini pemerintah telah merealisasikan pembangunan akademi komunitas percontohan. Sejumlah kota dan kabupaten menjadi prioritas pendirian AK terutama di kantong-kantong tenaga kerja Indonesia (TKI), disamping itu banyak juga peminat swasta dan perusahaan-perusahaan yang ingin mendirikan AK. Sasaran pendirian AK adalah meningkatkan kualitas ketenagakerjaan, memperbesar akses ke perguruan tinggi, serta meningkatkan angka partisipasi kasar (APK).

Target dari pemerintah untuk tahun 2012 sebesar 46 AK, sedangkan pada tahun 2012 mencapai 126 dan untuk tahun 2013 ditetapkan 206 AK. Apa yang menjadi target pemerintah tersebut ternyata belum bisa terpenuhi, khususnya yang direncanakan didirikan tahun 2012 dan 2013. Salah satu hasil dari evaluasi yang dilakukan ternyata banyak pemerintah daerah, dunia industri dan yayasan mandiri belum mampu menyusun studi kelayakan yang sesuai dengan standar.

Sehubungan dengan hal tersebut C-DEV High Education Partner Yogyakarta memfasilitasi untuk melakukan bimbingan teknis yang aplikatif untuk pemenuhan studi kelayakan tersebut.

Maksud dan Tujuan
Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberi pemahaman yang komprehensif mengenai akademi komunitas beserta cara mendirikannya, sedangkan tujuannya adalah agar peserta memahami tentang :

  1. Konsep dasar pendirian akademi komunitas
  2. Teknik penyusunan proposal studi kelayakan pendirian
  3. Teknik evaluasi dan penilaian proposal
  4. Persiapan menghapapi visitasi lapangan

Sasaran
Setelah mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini secara intensif dan terus menerus, diharapkan semua peserta mampu menjadi inisiator atau anggota tim penyusunan studi kelayakan pendirian akademi komunitas yang kapabel.

Peserta
–  Pimpinan dan staf Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
–  Pengelola perusahaan/dunia industri/UMKM yang berminat
–  Pengurus yayasan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
–  Kepala sekolah dan guru SMK
–  Khalayak yang berminat terhadap pendirian akademi komunitas

Materi Pelatihan
–  Pemahaman Tentang Akademi Komunitas
–  Teknik Penyusunan Proposal Kelayakan
–  Teknik Evaluasi/ Penilaian Proposal
–  Persiapan Visitasi

Durasi Pelatihan
2 (dua) hari

Instruktur
Drs. M. Zaenuri, M.Si.

Pendaftaran Pelatihan