Alternatif Pembiayaan

Strategi Pembiayaan Perguruan Tinggi

Logo C-Dev2

STRATEGI MENCARI SUMBER DANA ALTERNATIF
DALAM PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI

Pendahuluan
Perkembangan pengelolaan perguruan tinggi pada masa sekarang ini dihadapkan pada tantangan yang begitu berat. Tentu saja mulai dari persoalan akademik hingga sampai pada pengelolaan keuangan dan penggalian sumber dana baru. Pada masa lalu mungkin penyelenggaraan perguruan tinggi dapat ditopang oleh dana dari Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), namun pada masa sekarang ini dengan adanya persaingan yang begitu ketat yang disertai dengan adanya “perang tarif” antar perguruan tinggi, semakin dituntut untuk mencari sumber dana di luar SPP. Dana dari SPP hanya habis untuk membiayai biaya operasional pendidikan, tidak mampu lagi untuk mendukung pengembangan, padahal kalau perguruan tinggi tidak bisa melakukan kegiatan pengembangan cepat atau lambat akan mengalami kebangkrutan.

Sebenarnya banyak peluang yang bisa ditangkap oleh pengelola perguruang tinggi untuk mencari sumber dana alternatif, mulai dari pengajuan proposal hibah ke Dikti, mengembangkan kegiatan kerjasama dengan pemerintah daerah, kerjasama dengan lembaga donor, penelitian yang profit, dan sebagainya.

Sehubungan dengan hal tersebut, C-DEV High Education Partner Yogyakarta bermaksud membantu memberikan informasi sekaligus melakukan PELATIHAN / WORKSHOP dan bimbingan teknis tentang Teknik Strategi Pencarian Dana Alternatif di Luar SPP.

Tujuan
Kegiatan workshop ini secara umum bertujuan untuk memberi pemahaman yang komprehensif kepada pengelola perguruan tinggi dalam mempersiapkan pencarian sumber dana alternatif. Dan secara khusus workshop ini bertujuan untuk :

  1. Membantu peserta mengetahui model pengelolaan perguruan tinggi yang responsif
  2. Membantu peserta memahami proses pencarian sumberdana alternatif
  3. Membantu peserta untuk merancang proposal dalam rangka menjalin kerjasama

Materi
Materi pelatihan dan bimbingan teknis ini dirancang dengan memadukan pemahaman konseptual pengelolaan perguruan tinggi dengan teknis operasional di lapangan sesuai dengan kebutuhan para peserta. Adapun materi yang akan disampaikan meliputi :

  1. Manajemen Perguruan Tinggi Yang Responsif
  2. Identifikasi Sumberdana Alternatif
  3. Identifikasi Lembaga Donor
  4. Teknik Pendekatan dengan Lembaga Donor
  5. Identifikasi Peluang di Dikti Diknas
  6. Menjalin Kerjasama dengan Pemda

Durasi
2 (dua) hari

Narasumber
Dr. Jaka Sriyana, dan Tim
Instruktur tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan Ahli Manajemen Perguruan Tinggi, aktif menjalin hubungan dengan beberapa founding untuk pengelolaan kegiatan kerjasama.

Pendaftaran Pelatihan