Soft Skill

Soft Skill Training

Logo C-Dev2

APLIKASI SOFTSKILL PADA PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
UNTUK MEMUDAHKAN MAHASISWA DITERIMA DI PASAR KERJA

Pendahuluan
Banyak survey yang telah dilakukan dan mengungkapkan bahwa lulusan perguruan tinggi yang dibutuhkan di dunia kerja adalah lulusan yang tidak hanya memiliki hardskills namun juga yang memiliki serangkaian softskill. sebutlah seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim. hampir tidak ada lapangan pekerjaan yang tidak membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut. Secara umum, hardskills didefinisikan sebagai kemampuan menguasai ilmu pengetahuan teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. misalnya seorang insinyur mesin seharusnya menguasai ilmu dan teknik permesinan. sedangkan softskills didefinisikan sebgai kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan kemampuan dalam mengatur/mengelola dirinya sendiri (intrapersonalskills).

Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi juga cakap dalam aspek soft skill-nya. Dunia pendidikanpun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami C-DEV High Education Partner Yogyakarta, sebagai mitra perguruan tinggi tertantang untuk mengadakan PELATIHAN / WORKSHOP yang aplikatif tentang SOFT SKILL bagi Perguruan Tinggi yang diharapkan dapat membantu pengelola PT dan dosen agar lebih mengetahui cara  mengaplikasikan soft skill pada proses pembelajaran.

Maksud dan Tujuan
Kegiatan workshop ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberi pemahaman secara komprehensif kepada peserta tentang soft skill yang diaplikasikan pada proses pembelajaran. Sedangkan tujuannya adalah agar semua peserta mengerti tentang :

  1. Konsep soft skill bagi pembelajaran mahasiswa
  2. Identifikasi soft skill yang perlu bagai mahasiswa
  3. Program pengembangan, soft skill yang meliputi : (a) written curriculum, ini dilakukan dengan memasukan softskills yang telah ditentukan ke dalam rancangan pembelajaran. dengan demikian penguasaan mahasiswa terhadap softskills tertentu harus dimasukkan dalam aspek penilaian mata kuliah tersebut. (b) hidden curriculum, ini dilakukan secara informal yaitu melalui interaksi dosen-mahasiswa. dosen sebagai panutan (role model). dapat juga dilakukan dengan menciptakan atmosfir akademik di lingkungan jurusan. (c) co-curriculum, manfaatkan kegiatan seperti magang (internship), kerja praktik (KP), ataupun KKN (kuliah kerja nyata). (d) extra-curriculum, libatkan unit kegiatan mahasiswa sebagai wadah untuk melatih softskills mahasiswa tersebut.
  4. Evaluasi softskills, penentuan alat ukur yang sesuai untuk menilai softskills yang talah  dimasukan ke dalam kurikulum.

Target/Sasaran
Setelah mengikuti kegiatan ini secara intensif dan terus menerus semua peserta diharapkan mampu untuk melakukan adopsi soft skill pada proses pembelajaran baik secara mandiri maupun kelompok.

Metode
Ceramah, Diskusi, Simulasi, Studi Kasus

Peserta
Pembantu Rektor / Ketua / Direktur Bidang III (Kemahasiswaan dan Alumni), Lembaga Penelitian, Biro / Bagian Pengembangan Karir, Dosen yang berminat.

Materi
–  Konsep Soft Skill Bagi Pembelajaran
–  Identifikasi Soft Skill Yang Cosok
–  Pengembangan Soft Skill
–  Unsur Soft Skill Dalam Kurikulum
–  Aplikasi Soft skillI pada interaksi Dosen-Mahasiswa
–  Co-kurikuler
–  Ekstra Kurikuler
–  Evaluasi Soft Skill

Durasi
2 (dua) hari

Pemimpin Program
Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono dan Tim
Instruktur tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan Ahli Manajemen Perguruan Tinggi. Aktif memberikan pendampingan dan pelatihan soft skill di berbagai perusahaan dan perguruan tinggi di Indonesia.

Pendaftaran Pelatihan